03 Agust

Menteri Susi Ingin Pelabuhan Selatan Pulau Jawa Segera Rampung

Yogyakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meminta pemerintah daerah menyelesaikan pembangunan pelabuhan di selatan Pulau Jawa, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelabuhan tersebut yaitu Tanjung Adikarto di Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelabuhan yang pembangunannya telah dimulai sejak 2011 ini, hingga kini tak ada kejelasan.

“Soal (pembangunan) pelabuhan di Jawa selatan, kita mesti duduk bareng. Menemukan pemerintah (DIY) Kemenhub dan KKP. Siapa bikin apa siapa membuat apa,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Hotel Inna Malioboro Yogyakarta, Rabu, 1 Agustus 2018.

Susi menjelaskan jumlah pelabuhan di selatan Pulau Jawa masih minim. Meski sebagian dalam proses pembangunan, namun tak kunjung rampung.

Bagi Menteri Susi, perairan selatan Pulau Jawa memiliki potensi besar. Berbagai jenis ikan ada di sana.

Secara nasional, stok ikan di perairan Indonesia dari 6,5 juta ton pada 2014 dan meningkat menjadi 12,5 juta ton pada 2017. “(Pembangunan) pelabuhan Tanjung Adikarto harus dibetulkan hingga selesai,” jelas Susi.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, memang ada kendala dalam pembangunan pelabuhan di selatan Yogyakarta. Salah satunya masalah harus ada pengerukan pasir laut.

“Nanti kita perhitungkan. Tidak sekadar asal jalan,” ungkapnya.

(DEN)

Oleh : Ahmad Mustaqim

Rabu, 01 Aug 2018 20:40 WIB

( Dikutip dari http://jateng.metrotvnews.com/peristiwa/aNrDz26k-menteri-susi-ingin-pelabuhan-selatan-pulau-jawa-segera-rampung dan diakses pada Jumat 3 Agustus 2018 – 11.45 WIB )

BISNIS, Ekonomi

0 Comment

related posts

add a comment